Mengetahui Lokasi Seseorang dari Twitternya (via Cree.py)

Well sebenarnya bukan lokasi aktualnya, lebih kepada lokasi dimana seseorang menulis tweet-nya

Memperkenalkan aplikasi berbasis Python yang bernama Cree.py (lumayan creepy/serem sih nih aplikasi), aplikasi ini mencari geolocation (lokasi dari GPS) dari perangkat yang digunakan untuk nge-tweet, misalnya dari telepon genggam. Apalagi sekarang yang namanya henpon itu semakin canggih dan terjangkau ๐Ÿ™‚

Untuk mendapatkannya di Linux tinggal apt-get install creepy atau bisa download disini untuk OS yang lain (termasuk Windows).

Cree.py ini juga bisa mencari akun Flickr, tetapi saya tidak memilikinya jadi hanya sempat mencoba dari akun Twitter saja.

Mari kita lihat bagaimana cara menggunakannya:

Di Linux ketik creepymap di terminal sedangkan di Windows tinggal klik 2x saja ๐Ÿ˜›

Tampilan untuk memasukkan calon target ๐Ÿ˜ˆ :

Tinggal masukkan saja username Twitter target pada kolom diatas…

Eiiits, ternyata untuk Twitter ada otorisasinya, caranya klik Edit –> Settings, nanti akan muncul tampilan seperti berikut:

Klik Authorize Creepy, nanti akan muncul browser yang meminta untuk memasukkan username dan password Twitter anda (yup, harus mempunyai akun Twitter), setelah itu akan muncul deretan angka Pin yang bisa di copy-paste ke kolom Pin.

Sudah??

Kembali ke halaman awal dari Cree.py,

Masukkan username target, bisa teman, gebetan, pacar, adik, siapa aja yang punya Twitter ๐Ÿ˜›
Bisa Search dulu untuk memastikan apakah target memang benar yang akan di”garap” ๐Ÿ˜€

Klik Geolocate Target, tunggu sebentar, semakin banyak tweet yang dilakukan oleh target maka akan semakin lama prosesnya….harap bersabar ๐Ÿ™‚

Voila!

Tampak Latitude, Longitude dan Time yang dihasilkan oleh GPS yang ada di henpon atau perangkat apapun itu untuk men-tweet ๐Ÿ˜€
Lokasi target ketika nge-tweet ditandai dengan tanda balon merah yang ada titik hitam kecilnya (lihat gambar diatas).

Tampaknya target kita lagi jalan-jalan di Bandung ๐Ÿ˜€
Demi privasi saya tidak akan memberitahu siapa target tersebut ๐Ÿ˜›

Mudah kan?

Saya jadi berpikir serem juga sebenarnya kalau mempunyai perangkat komunikasi yang canggih, apalagi semua fiturnya diaktifkan, sama seperti memberi tahu kepada semua orang siapa kita, lagi dimana, sama siapa, lagi ngapain dan lain-lain ๐Ÿ˜€
#aslinyasihtakutketauanyangnggak2 ๐Ÿ˜›

Bagaimana kalau fitur geolocation di akun Twitter kita dimatikan? sepertinya Cree.py tidak bisa mencari geolocation-nya

Jadi sebaiknya menonaktifkan fitur geolocation akun Twitter untuk amannya, bisa dilihat di settings –> account, lihat dibawah Timezone ada Tweet Location, jangan ditandai (dicentang).
Untuk yang sudah terlanjur pernah diaktifkan sebaiknya klik “You may delete all location information from your past tweets”

Oiya jangan digunakan untuk mengintai seseorang yang belum anda kenal (cewe atau cowo inceran misalnya :P), atau hal-hal yang mengganggu privasi orang lain yang belum anda kenal.

Segala akibat penggunaan Cree.py ditanggung sendiri ya! ๐Ÿ˜›

Semoga bermanfaat

M