Social Networking yang Bermanfaat (sekedar berbagi pikiran)

Pertama kali dengar kata twitter saya tidak tertarik sama sekali karena saya pikir twitter sama saja seperti social networking yang lain (faceb**k, friends**r, dll). Kemudian secara tidak sengaja salah satu teman saya membuka akun twitternya dan mulai membaca baris demi baris “kicauan” teman-temannya. Buat yang belum mengerti apa itu twitter bisa dilihat disini.

Saya tanya, “apa sih asiknya twitter?” kemudian dia menjelaskan panjang lebar yang saya masih asing istilah-istilahnya, follback, hashtag, mention dll. Lalu dia mulai membaca berita-berita terbaru dari kompas.com, okezone, kaskus….hmm, tampaknya twitter bisa digunakan untuk mencari informasi atau berita terkini pikir saya.

Saya buat akun twitter, pertama kali saya follow KASKUS :D, kemudian semua penyedia berita seperti kompas.com, detik.com, TMC Polda Metro Jaya, pokoknya semua yang biasa tweet informasi. Asyik juga hehe, setelah beberapa saat saya menemukan @archangelamael, ternyata dia adalah salah satu ahli mengenai security computer terutama Backtrack, saya tertarik dengan isi blognya disini. Lalu saya mulai mengikuti tiap akun twitter yang posting mengenai security computer seperti @sansinstitute, @rapid7, @r0bertmart1nez, @ciscosecurity, @pentestit dan seterusnya…..

Sebagai pemula di dunia security computer saya mendapatkan banyak sekali pengetahuan dan update terbaru mengenai keamanan informasi. Setelah memahami sedikit kemudian saya mencoba berbagi melalui twitter maupun faceb**k, yup sesaat saya merasakan faceb**k tidak ada manfaatnya :P, ternyata bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat 😀

Setelah twitter, saya diberi tahu kalau LinkedIn (baca: ling in) adalah sebuah social networking yang isinya adalah para profesional di bidangnya, saat ini saya masih mencoba dan mencari tahu apa saja manfaatnya 😀

Saran saya, gunakan twitter dan LinkedIn sebagai alat untuk menambah pengetahuan dan mencari informasi yang diinginkan…dijamin pasti akan mengalami paradox of plenty (semakin banyak semakin kurang :P)

Mudah-mudahan tulisan saya mengenai social networking yang bermanfaat dapat berguna bagi para pembaca 🙂

Semoga bermanfaat.

iKONs