Sepertinya sudah lama sekali tidak menggoyang jari diatas keyboard untuk membuat blog post hehe
Entah mengapa hari ini berjumpa dengan log, log, log …. di kantor, di fb, di twitter, di forum sampai akhirnya jatuh ke hati #eh
Sudah pernah saya bahas sedikit mengenai file log disini, dan untuk melihat isinya saya sering cukup menggunakan cat, less, tail dan grep. Tetapi kali ini melihat forum ada yang menanyakan cara menggunakan Parselog.py, mari kita lihat bersama bagaimana cara menggunakannya….wait! skripnya bisa didapatkan disini.

Karena dibuat menggunakan bahasa ular, maksud saya Python maka untuk menjalankannya tinggal ketik #python filename.py

Mari kita coba melihat file log system di /var/log/syslog

Parselog 2

Melihat log dengan Parselog.py

Pada gambar diatas kita masukkan kata kunci pencarian “VGA”

Kemudian kita masukkan kata kunci pencarian tambahan “Jun 17 23:09:30”, tekan enter, masukkan kata tambahan lagi jika diinginkan, pada gambar dibawah saya pilih “no”.

Parselog 3

Ternyata hasilnya tidak seperti perkiraan, saya kira hasilnya hanya akan menampilkan log dengan kata “VGA + Jun 17 23:09:30”. Tetapi pada gambar dibawah malah muncul semua log dengan kata VGA dan Jun 17 23:09:30.

Parselog 4

Well, walaupun begitu tools parselog.py ini cukup berguna, saya tampaknya lebih memilih menggunakan yang biasanya saja (cat, less, tail, grep). Tetap tiap orang seleranya berbeda ๐Ÿ™‚

Semoga bermanfaat,
iKONs

Source:
http://hacksociety.net/Thread-Python-ParseLog-py