Modding My Altec Lansing MX5021 (Speaker Multimedia)

7 Comments

Well karena hobi saya sekarang sebagian adalah mendengarkan musik, memanjakan telinga yang terbuat dari kaleng surga ini ternyata susah juga hehe. semakin lama dengerin lagu-lagu makin keasah juga telinga ini, dulu denger mp3 128 kbps aja sambil pake earphone stereo rasanya udah mantab. sekarang semakin lama telinga ini semakin rewel, denger mp3 minimal 192kbps dan harus dari hasil rip CD audio atau klo bisa sih dari CD audio langsung, klo ga pasti kedengaran bedanya, susah kan? 🙄

Untuk jalan-jalan biasanya saya pakai iPod Touch 3rd Gen + Yuin PK-1 earphone yang cukup legendaris di kelasnya, sebelum ini saya jg punya headphone amplifier SOUL Micro Premium yang dulu bisa dipesan di salah satu forum audio Indonesia.

Jadi setupnya adalah iPod Touch 3rd Gen –> Soul Micro Premium –> Yuin PK-1 (untuk yang ingin tahu mengenai earphone Yuin bisa klik disini)

Sedangkan di kos-an (iya saya tinggal di kos-an yang ruangannya lumayan luas untuk ukuran orang yang masih single hehe) setup yang saya punya adalah:

Laptop BenQ Joybook –> Sound Card Onkyo SE-U55SX –> Altec Lansing MX 5021

Saat ini source dari Laptop karena untuk menyimpan lagu secara digital lebih nyaman buat saya, sedangkan kalau menggunakan CDP (CD Player) yang berkualitas harganya cukup mahal dan tidak dapat digunakan seperti Laptop yang multimedia.

Setup di kos-an kesayangan saat ini, maaf kalo terlihat berantakan 😛

Mungkin ada yang tanya dari gambar diatas yang kotak warna putih dibawah itu apa? itu adalah sound cardnya, iya sound cardnya external 😀

Sebenarnya setup yang saya miliki ini tidak berimbang dari pemilihan komponennya, tapi mau bagaimana lagi semua masih dibatasi oleh biaya dan akal sehat 😛

Pertamax speaker ini dicoba (out of the box) suaranya sudah cukup bagus, hanya saja masih kurang di kecepatan, mid (frekuensi menengah), soundstage dan sedikit lagi di high, sedangkan untuk bass udah cukup nendang sehingga menurut saya hanya cocok untuk lagu-lagu yang mellow saja padahal selera lagu saya cukup luas 😀

Dari sinilah saya mulai mencari cara bagaimana meningkatkan kualitas speaker ini…..

Kebetulan speaker yang saya miliki adalah versi yang terbaru, bedanya dengan yang lama ada di bentuk konus speakernya, rangkaian crossover satelit lebih sederhana dan rangkaian amplifier di dalam subwoofer ada 1 (satu) slot op-amp yang kosong (U14). sepertinya yang baru ini lebih ekonomis 🙂

Mari kita mulai….

Setelah hunting komponen di glodok dan sekitarnya akhirnya saya bisa merubah beberapa komponen standar dengan komponen yang lebih bagus, walaupun ada beberapa komponen yang belum ketemu tetapi bisa menggunakan yang setara saja (bisa ditanyakan ke penjualnya).

  • Langkah pertama Dimulai dari penggantian kabel satelit dan subwoofernya, disini saya gunakan canare 2S9F yang ukurannya lumayan besar untuk speaker ini.

Untuk Subwoofer harus dibuka dulu pelindung di depannya, kemudian ada 4 buah sekrup, gunakan pisau untuk membukanya karena agak susah.

Impresi: Suara lebih tebel di mid, bass lebih terkontrol, mungkin karena pengaruh kabel ini suaranya jadi lebih bagus pada frekuensi menengah bawah.

  • Pada langkah kedua ini yang akan dimodifikasi adalah speaker satelitnya. Disini hanya akan merubah kualitas kapasitor-kapasitor untuk crossover, untuk nilainya dibiarkan sama.
Skema Crossover Satelit

Pada gambar skema diatas dapat dilihat bahwa pada garis warna biru adalah Low Pass Filter (LPF) untuk speaker mid-woofernya, sedangkan garis warna merah High Pass Filter (HPF) untuk tweeternya. Dengan satelit yang memiliki impedansi 6 Ohm maka:

– Untuk LPF frekuensi cut-offnya adalah 1800 Hz dengan slope 12 dB (tipe Crossover 2nd Order)

– Untuk HPF frekuensi cut-offnya adalah sekitar 5600 Hz dengan slope 6 dB (tipe Crossover 1st Order)

Pada HPF kapasitor yang digunakan adalah Solen MKP 4,7 uF 400V (warna item, susah nyari yang 250V), untuk LPF kapasitor yang digunakan adalah SuRong 15 uF (warna merah, saya lupa berapa V-nya). untuk perkabelan di dalam satelit belum ada niat untuk menggantinya karena masih mencari kabel yang cocok di telinga.

Impresi: Detail suara secara keseluruhan meningkat, suara High lebih “cling” n jadi lebih bagus menurut saya, suara vokal dan mid jauh lebih bagus (perbedaannya cukup signifikan) dan suara overall satelit jadi lebih open (soundstage lebih lebar dikit).

  • Langkah berikutnya adalah mengganti komponen pada rangkaian penguatnya. Disini yang akan diganti adalah:

a. Kapasitor Coupling (posisi input op-amp) bertujuan menjaga gain frekuensi response tetap stabil dan mengurangi DC offset.

Disini digunakan kapasitor merk Elna Cerafine dengan ukuran minimal 4,7 uF, tegangan usahakan lebih besar dari kapasitor standar yang digunakan.

b. Kapasitor power (biasanya elco yang ukurannya paling besar) bertujuan untuk memberikan supply kepada power amplifier TDA7265 sehingga suara yang dihasilkan speaker satelit dan subwoofer tetap stabil.

Disini saya menggunakan kapasitor 6.800 uF 50V dari Nichicon, 4700 uF 42V Elna for Audio dan 2200 uF 50V Elna. sebenarnya untuk yang 6.800 uF ingin saya ganti dengan 10.000 uF merk Panasonic, katanya sih suaranya lebih gahar karena karakternya yang kurang halus sehingga cocok buat lagu yang keras dikit nih :D.

c. Kapasitor Bypass (posisi supply op-amp) bertujuan agar keluaran op-amp lebih halus karena mendapatkan supply yang bagus.

Disini menggunakan kapasitor dari Elna Cerafine dan Nichicon (tergantung stok penjualnya hehe).

d. Setelah melakukan serangkaian percobaan maka saya memutuskan mengganti beberapa Op-Amp mulai dari:

– U6 = Op-amp ini adalah input untuk Subwoofer, disini saya menggunakan op-amp AD826 karena menurut saya cukup bagus untuk kecepatan dan akurasi bass.

– U12 = Op-amp ini mempengaruhi Gain keseluruhan jadi biarkan saja menggunakan op-amp standar ST4558

– U5 = Op-amp ini berpengaruh terhadap efek Sound Stage (luas suara). gunakan op-amp yang memiliki karakter sound stage lebar. tanpa op-amp ini suara akan terpusat di tengah speaker. masih menggunakan op-amp standar ST4558 karena belum menemukan yang paling tepat.

– U7 = Op-amp ini dapat mempengaruhi efek Tonal dan Clarity atau bisa disebut juga kualitas suaranya, disini menggunakan AD825

– U9 = Op-amp yang keluarannya ke satelit, disini menggunakan op-amp AD8397


Impresi: Karena banyak komponen yang diganti maka karakter keseluruhan dari speaker ini berubah, dari speaker yang hanya cocok untuk lagu-lagu mellow menjadi speaker yang bisa meghasilkan suara yang all-round 😀

Kesimpulan:

Semua modifikasi ini akan menghilangkan garansi, do it on your own risk 😛

Suara yang dihasilkan menjadi lebih detail, open, sound stage lebih mewah, bass yang tight dan enak didengar untuk semua genre musik walaupun belum bisa mengalahkan speaker kelas bookshelf tp worth it kok 😀

Beberapa komponen yang diperlukan: timah solder merk WBT sekitar 5 meter, Solder grease, socket IC gold, tube shrink dan sedikit keberanian 😛

Catatan:

Setelah dilakukan modifikasi ternyata ketika speaker dimatikan dan posisi stop kontak masih pada colokan listrik membuat suara subwoofer menjadi sember, solusinya cabut stop kontak kemudian pasang lagi sehingga suara menjadi normal. kira-kira ada yang tahu kenapa hal ini bisa terjadi?

Well that’s a wrap about Modding My Altec Lansing MX5021 🙂

Semoga bermanfaat,

iKONs


berikut link sumbernya:

a. http://jimmyauw.com/2006/12/15/altec-mx5021-speaker-mod/

b. http://www.techenclave.com/guides-and-tutorials/modding-altec-lansing-mx-5021-dummies-130257.html 

c. http://www.elakiri.com/forum/showthread.php?p=6118815

Categories: Hobby

7
Leave a Reply

4 Comment threads
3 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
4 Comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
teeboo

dijual berapa mas? -_-a

maaf ga dijual mas, ini koleksi pribadi 😛

modifno subwooferku ben iso muni maneh 😀

gowo mrene yo + ongkir PP 😛

Ronny SG

Alo mas brow, sy jg pnya nih MX5021, bs minta tolong modifkan jg?
Kebetulan speaker yg sebelah kanan/kiri mati satu barusan, udh 4 thn pemakaian.
Bs minta no contact yg bs di hub? Thx

Ronny

Bro, sy pnya speaker spt ini jg, tp barusan mati sebelah speakernya, bisa minta tolong modifkan sekalian?
Ada no HP yg bs dihub?

maaf bro ane lagi ga di Indonesia, dibawa saja ke tukang servis terdekat
klo mati kemungkinannya banyak tuh, tapi biasanya koneksi atau op-ampnya aja